Bagaimana Tim Sepakbola Jaman Dahulu Meracik Akal?

Manila – Timnas Indonesia U-22 memulai OCEAN Games 2019 dengan sungguh-sungguh baik. Dalam sebagian tidak kecil situasi permainan, tim tetap setidak-tidaknya menugaskan minimal four pemain sebagai pemain bek bertahan (disebut defensive back) yang dibagi menjadi safeties dan cornerback. Cornerback rata-rata mengisi sisi kiri dan sisi kanan pertahanan, sementara safeties cenderung menjadi garis pertahanan terakhir dari suatu skeme pertahanan.

Tim asuhan Indra Sjafri menang 2-0 atas juara bertahan SEA Games, Asia, di laga pertama Adunare B sepak bola OCEAN Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (26/11/2019). Indra Sjafri merasa puas karena strategi dalam diterapkannya berjalan dengan amat baik.

Bila tendangan yang gagal dilakukan dari jarak 20 yard untuk end zone, tim lawan mendapatkan bola di garis 20 yard di kota sendiri. Tendangan punt diaplikasikan dengan cara menjatuhkan bola dari pegangan dan menendangnya sebelum bola menyentuh lapangan permainan. Tim lawan menangkap lemparan ke depan dalam dilakukan tim penyerang. Player lawan yang berhasil menarik bola dengan cara ini boleh berlari dengan membawa bola sejauh mungkin hingga berhasil ditekel, dipaksa ke luar lapangan, atau mencetak skor.

Selain satu saat kesempatan melempar bola ke depan, bola hanya boleh dioper ke samping / dilempar ke belakang (disebut lateral pass). Tidak seperti rugby, lemparan ke belakang jarang sekali dilakukan match profesional sepak bola Amerika. Bola ditendang ke udara agar melewati palang melintang pada gawang lawan dan melayang di antara dua tiang gawang. Usaha mencetak skor dengan tendangan field goal biasanya dilakukan pada lower ke-4 ketika bola telah dekat dengan gol versus, atau hanya tersisa minim waktu untuk mencetak skor dengan cara lain. Sepak bola Amerika dimainkan tadinya lapangan berbentuk segi empat, dengan panjang 120 lawn (110 meter) dan lebar 53 1/3 yard (49 meter).

Garis paling luar di sepanjang lapangan dianggap sideline (garis sisi), sedangkan garis paling luar pada kedua ujung lapangan dianggap end line (garis akhir). Di kedua sisi kiri dan kanan lapangan terdapat goal line (garis gawang).

Melempar bola ke rekan satu tim yg dikenal sebagai lemparan ke depan (forward pass) ataupun passing. Lemparan ke hadapan merupakan ciri khas dalam membedakan sepak bola Amerika dengan olahraga football yg lain. Untuk satu kali play, tim penyerang semata-mata boleh sekali melempar online ke depan, dan tersebut pun harus dilakukan dari belakang garis imajiner posisi awal bola (line associated with scrimmage).

Bidang tempat mencetak skor disebut end zone (zona akhir) dan panjangnya ten yard dihitung dari garis gawang sampai ke garis akhir. Dalam arti, tidak hanya menonjolkan kemampuan private dengan mencetak gol namun juga membuat assist tuk rekan-rekannya. Intinya, saya ingin semua pemain menikmati match dan fokus untuk saling membantu di lapangan. Bola. com, Manila – Timnas Indonesia U-22 memulai SEA Games 2019 dengan sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *